Tips Membeli Rumah Bagi Pasangan Muda muslim

| Jumat, 18 Februari 2011 | |


Saat ini banyak sekali paangan suami-istri muda yang ingin mempunyai rumah sendiri untuk ditinggali bersama keluarga barunya. Mereka tak mau lagi serumah bersama orang tua dari kedua belah pihak pasangan, mereka beralasan ingin hidup mandiri dan ingin membangun keluarganya sendiri. Tapi biasanya pasangan muda seperti itu belum memiliki ekonomi yang kuat dan mapan, mereka biasanya berpenghasilan kecil. Sehingga untuk membeli rumah sendiri adalah suatu hal yang sangat berat untuk mereka.
Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin berguna bagi pasangan muda yang ingin membeli rumah:
  1. Menghitung kemampuan financial
    1. Menghitung credit power atau kemampuan mencicil angsuran rumah. Dalam hal ini jumlah penghasilan perbulan dari kedua pasangan sangat berpengaruh. Tak perduli rumah baru atau second yang ingin dibeli oleh pasangan ini, biasanya rumah akan dibayar melalui cicilan atau credit.
b.      Menghitung kemampuan membeli rumah. Misalkan ingin membeli rumah melalui bantuan BANK biasanya hanya membantu 80% dari harga rumah. Sehingga 20% dana harus dicari sendiri.
2 .Menentukan rumah yang cocok untuk pasangan muda
    1. Rumah baru, rumah ini secara umum didapatkan dari developer. Menghitung dana yang dibutuhkan untuk mendapatkan rumah ini sangat mudah karena harga yg dipatok sang developer sudah jelas.
    1. Rumah second, jika anda memilih untuk membeli rumah second sebenarnya pilihan ini sangat tepat karena anda bisa mendapatkan harga miring untuk mendapatkan rumah ini. Sangat cocok untuk pasangan muda dengan kemampuan financial yang rendah. Dan biasanya rumah ini telah siap untuk ditempati.
    2. Cari KPR yang relatif lebih aman, biasanya menggunakan KPR via bank Syariah, karena dengan bank Syariah cicilan atau angsuran  flat dari 5 th s/d 15 th,  jadi keluarga sudah menyiapkan perkiraan pengeluaran perbulan, dan yang lebih menguntungkan biasanya dari beberapa analisa perbankkan dengan ketentuan margin yang berlaku bank syariah relatif menguntungkan karena biasanya dengan bank syariah cicilan aga berat di 3 tahun pertama, tetapi setelah itu dengan cicilan bank syariah & bank konvensional akan sama, serta cicilan bank konvensional dapat menyusul karena suku bunga yang fluktuatif atau berubah sesuai suku bunga bank dunia.
    3. Cari perumahan dengan keamanan lebih terjamin, karena pasangan muda adalah keluarga yang masih terbilang muda, persiapan mengarungi bahtera rumah tangga sungguh berbeda dengan keluarga yang memasuki usia perak atau usia emas, dimana pengalaman masih sangat minim terhadap lingkungan sekitar,  perumahan dengan system cluster adalah jawabannya, kemudian jika anda muslim coba cari perumahan muslim sehingga sedini mungkin keluarga anda akan hidup dalam satu komunitas atau lingkungan yang relatif lebih terjaga. untuk perumahan muslim dengan harga yang terjangkau tetapi kwalitas real estate, PESONA DARUSSALAM memberikan solusi terhadap kemampuan finansial bagi keluarga muda, harga yang dibuka relatif lebih terjangkau harga mulai 167 juta-an. untuk informasi kunjungi website WWW.PESONA-DARUSSALAM.COM
Saran:
  • Sebaiknya jangka waktu cicilan kurang dari 15 tahun, jika jangka waktu melebihi itu maka hal itu akan memberatkan kreditor
  • Cobalah untuk mencari rumah melalui internet, missal dengan memasukkan keywords “rumah dijual” atau “jual rumah” pada search engine.
  • Pilihlah rumah dengan kapasitas yang kecil namun memiliki fasilitas yang lengkap, pasangan muda bisanya belum membutuhkan rumah yang terlalu besar untuk keluarga barunya.
  • Pilihlah lokasi rumah yang dekat dengan tempat kerja sehingga mempermudah akses untuk menuju tempat kerja.
http://www.rumah101.com/tag/artikel-rumah/

1 komentar:

Trackback by lubis 28 November 2011 pukul 17.57 mengatakan...

mksh

Posting Komentar