Strategi Marketing jalanan

| Senin, 16 Agustus 2010 | |
Pernah denger strategi marketing jalanan ? Sering kumpul-kumpul dengan teman-teman marketing, ternyata banyak cerita dan ide, dari sekian marketing ternyata walaupun mereka bekerja di satu perusahaan yang statusnya karyawan tetap tetapi hampir 70% mereka memiliki bisnis diluar dari bisnis kantoran, mungkin diantaranya bisnis jalanan kalo kita sebut, dari yang usaha steam motor,soft drink teh poci,jualan pulsa,jualan kaos anak, dll sehingga pas saya buka web site bapak susilo ada satu hal yang berhubungan ( tema & pembahasan ) yaitu marketing jalanan.
nah mungkin sedikit saya ambil kutipannya lebih kurang seperti ini :

Kebanyakan produk yang selama ini ditawarkan lewat marketing jalanan adalah produk yang bersifat konsumtif. Lihat saat bulan puasa seperti sekarang, mudah anda temui di pinggir jalan, para remaja yang menawarkan makanan atau mnuman berbuka puasa. Di luar produk konsumtif, yang juga banyak ditawarkan lewat marketing jalanan adalah bisnis jasa seperti bengkel misalnya. Lantas, bagaimana strategi marketing jalanan yang ampuh mendatangkan pembeli dan meningkatkan profit secara telak?


  1. Bentuk Tim Marketing yang Bertenaga. Carilah para anggota tim marketing yang penuh energi. Mengapa? Karena marketing jalanan cukup menguras energi. Karena itu sebaiknya anda rekrut orang-orang muda. Bisa anak sekolahan atau mereka yang masih kuliah
  2. Tetapkan Target yang Jelas. Misalkan setiap marketer ditarget untuk mendatangi 10 rumah atau menemui 10 orang dalam satu jam dengan target closing minimal 30 persen.
  3. Buat Penawaran yang Tak Kuasa Ditolak Konsumen. Apakah itu? Penawaran yang sensasional! Ini merupakan salah satu kunci keberhasilan marketing jalanan. Berikan penawaran yang sensasional yang membuat konsumen tidak kuasa menolaknya. Kalau kata Mas Bligus Ardhi di sini mengutip Tung Desem Waringin, penawaran sensasional bersandar pada USP (U = Ultimate Advantage, S = Sensational Offer, P = Powerful Promise).
  4. Buat Promosi yang unik & selalu update, karena hal ini menjaga agar para langganan yang biasa belanja tidak bosan, apalagi jika anda bermain disegmen sekolah & kampus yang cenderung cepat bosan dengan makanan atau soft drink, teknik promosi yang biasa mis : beli 3 teh poci gratis 1, atau bermain dengan rasa yang jarang ada tapi sudah terbiasa ditelinga mereka. Mis : teh poci plus extrajoss.. MANTAP..
Menerapkan marketing jalanan memiliki keunggulan pada kemudahan dalam mengukur tingkat efektivitasnya. Sebab, tidak harus menunggu sampai seminggu atau bahkan sebulan, anda bahkan bisa mengukur efektivitasnya berdasar ukuran setiap jam. Marketing jalanan merupakan pendobrak bila segala macam upaya marketing online yang selama ini anda lakukan belum membuahkan hasil memuaskan.

0 komentar:

Posting Komentar